Ditulis oleh Ustadz H. Jundi Imam Syuhada, Lc., M.IRK / Sabtu, 27 April 2024

Beberapa bulan itu memiliki ibadahnya sendiri-sendiri, seperti Ramadan yang di dalamnya khusus untuk puasa Ramadhan, pun sama dengan bulan syawal, di dalamnya ada kesunnahan puasa 6 hari syawal.

 

Dan hari ini kita telah memasuki bulan syawal yang mungkin tersisa setengahnya lagi, maka bersegera untuk berpuasa sunnah 6 hari syawal itu adalah sebuah kebaikan. Namun, seringkali muncul pertanyaan dan persoalan, perihal apakah boleh jika puasa sunnah digabung dengan puasa wajib? Dalam arti, jika puasa qadha Ramadhan di bulan syawal apakah boleh digabung dengan puasa syawal?  

 

Namun, sebelum membahas mengenai hukum menggabungkan dua ibadah, ada baiknya untuk mengetahui jenis ibadah secara tujuan dan maksudnya.

 

Jenis-jenis Ibadah

Ibadah itu secara tujuan dan maksudnya dibagi menjadi 2 yaitu,  

 

1. Ibadah Maqsudah

Pertama, maqshudun lidzatiha yaitu ibadah yang bersifat (ibadah yang independen dan harus dilakukan), seperti shalat rawatib.

 

2. Ibadah Ghair Maqshudah 

Kedua, Ghairu maqsudah lidzatiha (tidak independen/yang penting melaksanakan ibadah). Biasa dicontohkan dengan shalat tahiyatul masjid, shalat ini ghoiru maqsudah lidzatiha.

 

Kedua jenis ibadah ini akan berbeda pula ketentuan hukum fikihnya. Pembagian jenis ibadah ini telah disampaikan oleh para ulama, salah satunya adalah syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di rahimahullah dalam buku qowaidnya:

 

إذا اجتمعت عبادتان من جنس واحد تداخلت أفعالهما واكتفي عنهما بفعل واحد إذا كان المقصود واحدا

 

"Apabila dua Ibadah yang sejenis berkumpul dan ada kemiripan dalam tatacara, maka pelaksanaannya digabung dan cukup dengan melaksanakan salah satunya jika keduanya mempunyai maksudnya yang sama".¹

 

Secara ketentuan fiqihnya bahwa ibadah sunnah maqsudah maka tidak boleh digabung sama wajib, sedangkan ghairu maqsudah boleh digabung dengan wajib.  

 

Bolehkah Puasa Syawal dan Qadha Ramadhan Digabung?

Dari penjelasan jenis ibadah di atas maka jika puasa syawal itu maqshudah maka tidak boleh digabung dengan qadha, tapi bagi yang menganggap itu bukan maqshudah boleh digabung dengan qadha.

 

Pendapat kalangan madzhab Syafi’i menganggap bahwa puasa syawal itu boleh digabung dengan puasa wajib semisal qodhi, karana puasa syawal masuk kepada kategori ibadah sunnah ghair maqshudah.

 

Hal ini yang kemudian menjadi salah satu landasan kebolehan dalam madzhab syafii. Seperti yang disampaikan oleh syaikh sayyid Abdurrahman Ba'alawiy perihal perbedaan pendapat ini.

 

(مشألة: ك) ظَاهِرُ حَدِيْث "وَأَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ" وغَيْرِهِ مِنَ الأَحَادِيْثِ عَدَمُ حُصُولِ السِّتِّ إذَا نَوَاهَا مَعَ قَضَاء رَمَضانَ , لكِنْ صَرَّحَ ابنُ حَجَرٍ بِحُصُولِ أَصْلِ الثَّوَابِ لِإِكْمَالِهِ إِذَا نَوَاهَا كَغَيْرِهَا مِنْ عَرَفَةَ وعَاشُوراء, بَلْ رَجَّحَ (م ر) حُصُول أصْلِ ثَوَابِ سَائِر التَّطَوُّعَاتِ مَعَ الفَرْضِ وإنْ لَمْ يَنْوِهَا, مَلَم يُصَّرفْهُ صَارِفٌ , كَأَن قَضى رَمَضَانَ في شَوَّالٍ, وقَصَدَ قَضَاء السِّتِّ مِنْ ذِي الْقَعْدَةِ, ويُشَنُّ صَومُ السِّتِّ وإنْ أفْطَرَ رَمَضَانَ اهز قلت: واعتمد أبُو مخرمة تَبعًا للشنهودي عَدَم حُصُوْلِ وَاحِدٍ مِنْهَا إذَا نَوَاهَا مَعًا , كَمَا لَوْ نَوى الظُّهْرَ وسُنَّتَهَا, بَلْ رَجَّحَ أَبُو مَخرَمة عَدَمَ صِحَّةِ صَوْمِ السِّتِّ لِمَنْ عَلَيْهِ قَضاءُ رَمَضَأنَ مُطْلَقًا

 

Jika dirangkum penjelasan di atas, maka ada tiga pendapat tentang masalah ini:

  1. Menurut Ibnu Hajar, orang yang mengqadha puasa bisa mendapat pahala puasa sunnah syawal dengan syarat diniatkan juga puasa Syawal tersebut.
  2. Menurut Imam Romli, orang yang mengqadha puasa di bulan Syawal bisa mendapat pahala sunnah Syawal meskipun tidak berniat. Maksudnya, ia hanya berniat mengqadha saja tanpa berniat puasa Syawal.
  3. Menurut Abu Makhramah puasa qadha tidak bisa digabung dengan puasa Syawal.

 

Dari penjelasan ini, kita tidak bisa mengingkari perbedaan pendapat ulama mengenai sah atau tidaknya menggabungkan puasa qadha Ramadhan dengan puasa sunah Syawal. Jika disimpulkan, menggabungkan dua puasa ini sah. Akan tetapi, lebih baik jika orang memiliki tanggungan puasa qadha Ramadhan itu membayar terlebih dahulu puasanya.

 

Akan tetapi, konsekuensi dari menggabungkan puasa qadha dengan puasa syawal adalah bahwa pahala puasa qodho dan syawalnya tidak akan sempurna.

 

Demikian penjelasan mengenai penggabungan puasa Syawal dengan qadha Ramadhan. Semoga Allah berikan kita, taufik dan hidayah untuk kita bisa berpuasa sunnah syawal ini  ataupun membayar hutang jika memilikinya  

 

Selain puasa Syawal, umat Muslim dapat melaksanakan ibadah sunnah lain di bulan Syawal yaitu umroh. Sahabat yang ingin umroh di bulan Syawal, dapat melaksanakan ibadah bersama Jejak Imani. Paket umroh di Jejak Imani memiliki beragam tanggal keberangkatan yang insya Allah dapat menyesuaikan dengan jadwal kosong para calon jemaah

 

Sahabat juga dapat melaksanakan ibadah haji dan napak tilas maqom para Rasul dengan wisata halal di Jejak Imani. Jadi tunggu apalagi segera tanya dulu, konsultasi gratis dengan tim Jejak Imani.

 

Wallahu A'lam bisshowab.

 

¹القواعد والأصول الجامعة والفروق والتقاسيم البديعة النافعة, عبد الرحمن السعدي، (القاهرة: العربية السعودية، د.ط، ١٩٥٦م)، ص ٢٠٨

Bagikan:

Artikel Lainnya

Umroh Grup Keramaian? Pilih Umroh Private Hanya di Jejak Imani

Selasa, 9 Januari 2024

Umroh Grup Keramaian? Pilih Umroh Private Hanya di Jejak Imani

Umroh menjadi solusi umat muslim dalam mengobati kerin...

Mau Tau Hasil Sidang Isbat Ramadhan 2024? Cek di Jejak Imani

Senin, 11 Maret 2024

Mau Tau Hasil Sidang Isbat Ramadhan 2024? Cek di Jejak Imani

Kementerian Agama RI telah mengumumkan hasil sidang Isbat Ramadhan 2024 pada hari Minggu, 10 Maret 2024. Awal ramadhan 2024 atau tangg...

Qurban 1 Sapi, Apakah Boleh untuk Satu Nama?

Senin, 20 Mei 2024

Qurban 1 Sapi, Apakah Boleh untuk Satu Nama?

Kurban 1 ekor sapi bisa diperuntukkan 7 orang dengan membagi rata harga sapi untuk 7 orang tersebut. Sebagaimana diriwayatkan oleh sahabat J...

Baca Niat Puasa Ramadhan di Waktu-waktu Ini | Jejak Imani

Senin, 26 Februari 2024

Baca Niat Puasa Ramadhan di Waktu-waktu Ini | Jejak Imani

Ketika memasuki bulan suci Ramadhan, ada beberapa hal yang wajib diketahui karena umat Muslim akan menunaikan ibadah puasa sebulan penuh. Sa...

Lokasi Jejak Imani

Kantor Pusat

081112000180

Intermark Indonesia Ruko 9 & 10, Jalan Lingkar Timur No. 9 BSD Kota Tangerang Selatan, Banten 15310

Cabang Yogyakarta

08112995755

Jl. Salakan III No.222, Saman, Bangunharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55188

Cabang Palembang

085273553536

Jalan Siaran No 1 Komp Vila Sako Indah Satelit 02 RT 104 RW 08, Kel Sako, Kec Sako, Palembang 30163

Cabang Surabaya

08113290037

Jl. Musi No.37, Darmo, Kec. Wonokromo, Surabaya

Cabang Bandung

08118008846

Jl. Pelajar Pejuang 45 No.38 Lingkar Selatan Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40263

Kebijakan & Privasi

Logo

Konsultasi Gratis Sekarang

Hubungi WA/Telp

Kantor Pusat

085720028100 (Yuta)

08119178100 (Siti)

087820021100 (Dhea)

08118246988 (Nabila)

087820025100 (Abdurrahman)

087720028100 (Safitri Aulia)

087720023100 (Karnilla)

087720027100 (Putri Husnul Hotimah)

08111777080 (Sari)


Kemitraan & Cabang

0878-2002-1100 (Dhea)

jejakimani@gmail.com